Jumat, 22 September 2017

KEGIATAN POSYANDU

IMUNISASI CAMPAK dan RUBELLA (MR)
TAHUN 2017

Saat ini Indonesia sedang meningkatkan perhatian untuk melakukan eliminasi Campak dan Rubella, yang juga merupakan prioritas Regional dan Global. Di Indonesia Vaksin campak secara rutin diberikan kepada semua anak, dibagi menjadi dua dosis pada 9 bulan dan 18 bulan. Kini vaksin Rubella akan ditambahkan (M menjadi MR) dalam program Imunisasi Nasional. Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melaui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Anak dan orang dewasa yagn belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini beresiko tinggi tertular. Tidak ada pengobatan untuk penyakit Campak dan Rubella namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit Campak dan Rubella. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus.
Pada program kampanye imunisasi MR yang dilakukan pada Agustus dan September, imunisasi diberikan kepada seluruh anak hingga usia 16 tahun kurang satu hari. Kampanye imunisasi MR ditujukan untuk mengeliminasi campak dan tercapainya pengendalian rubella pada 2020 dengan cara menurunkan angka kasus campak, memutuskan mata rantai rubella dan menurunkan gejala atau sindrom rubella.
Di Desa Podoroto pada hari ini Sabtu 23 September telah dilaksanakan imunisasi yang bertempat di Posyandu yang tersebar di 5 Dusun yang ada di Desa Podoroto. Petugas kesehatan dari Puskemas Kesamben dengan didampingi oleh Kepala Desa Podoroto (Drs. Anshorul Hakim) beserta Ibu Ketua TP. PKK Desa Podoroto (Ny. Ma'rifatul Lailiyah, M.Pd.I) turut serta dalam pelaksanaan imunisasi tersebut.

























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar